Jumat, 16 Maret 2018

Pegawai Perpus Rasa Teman Curhat UMSU Punya



Wajah yang paling tak asing bagi kita, khususnya yang rutin mengunjungi Perpustakaan Utama UMSU yang berlokasi di Kampus III Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Yep. Salah satu pegawai yang bertugas sebagai staff Pelayanan dan Loker di Perpustakaan UMSU ini tïerkenal sebagai petugas yang paling akrab dengan mahasiswa atau pengunjung lainnya.

Pria kelahiran 6 April 1969, di kota Medan ini bernama lengkap Indra Koto. Dengan ciri khas celak dan peci dikesehariannya, pria yang akrab disapa Bang In ini sudah menjadi pegawai Perpustakaan UMSU sejak 2015.

For your information nih guys, Bang In ini tinggal di Jalan Ibrahim Umar, Gang Pendidikan No. 5, Sei Kera, Medan. Sebelumnya, beliau mengecap pendidikan sekolah dasar di SD 50, yang berlokasi di Jalan Sakti Lubis, Gang Bengkel. Setelah itu dilanjutkan dengan pendidikan sekolah menengah pertama di SMP Budi Bakti yang berlokasi di Kampung Baru. Last but not the least beliau mengecap pendidikan sekolah menengah atas di SMA Gajah Mada Jalan HM. Said, Gaharu, Medan Timur.

Walaupun terbilang baru menjadi salah satu pegawai perpustakaan UMSU, sebenarnya beliau sudah lama bekerja menjadi salah satu pegawai di Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Dengan posisi yang berbeda tentunya.

Tercatat berdasarkan apa yang beliau ingat, Bang In sudah bekerja di UMSU sejak 1991, sebagai salah satu Security di Kampus I UMSU yang berlokasi di Jalan Medan Area. Selanjutnya, pada tahun 1995, beliau berpindah tugas, di Kampus III UMSU yang berlokasi di Jalan Kapt. Muchtar Basri, masih sebagai salah satu Security. Kemudian, pada tahun 2004, beliau masih bertugas di Kampus III UMSU, hanya saja dengan posisi yang berbeda, yaitu sebagai salah satu pegawai di Biro Fakultas Ekonomi.. Posisi itu dipegang oleh beliau hingga tahun 2014, yang kemudian beliau bertukar posisi lagi menjadi salah satu pegawai di Badan Penasehat Harian UMSU. Akhirnya pada tahun 2015, beliau menjadi salah satu pegawai di Perpustakaan UMSU.

Nah… Berdasarkan penuturan beliau, posisi yang pernah beliau jalani semua pasti ada suka dukanya. Namun, semenjak menjadi pegawai perpustakaan, beliau merasa kali ini posisi yang beliau jalani lebih banyak sukanya. Terkhusus sejak adanya renovasi Perpustakaan dan pergantian kepala Perpustakaan UMSU.

“Semenjak pergantian Kepala Perpustakaan, para pegawai jadi merasa lebih diperhatikan, jadi tak merasa dikekang lagi,” tutur Bang In.

Kenyamanan yang dirasakan oleh para pegawai, khususnya Bang In sendiri dapat dirasakan tak hanya dari perhatian yang diberikan oleh Kepala Perpustakaan, namun juga dengan segala fasilitas yang mempermudah pekerjaan para pegawai.

“Semenjak adanya fasilitas-fasilitas di perpustakaan ini, pekerjaan jadi jauh lebih ringan, jadi punya banyak waktu untuk berbincang dengan mahasiswa dan jadi lebih akrab sama mahasiswa deh sekarang,” jelas beliau.

Walaupun ada duka yang mesti beliau rasakan, namun tampaknya hal tersebut tak menjadi alasan untuk mengurangi keceriaan beliau di pandangan para pengunjung.

“Namanya pekerjaan pasti ada suka duka sendiri. Waktu itu pernah secara pribadi sediain aquarium ikan di depan perpustakaan, namun akhirnya ikan-ikannya harus pada mati. Selain itu pernah juga salah paham dengan sesama pegawai untuk alasan personal,” kenang Bang In.

“Tapi disini kan juga punya tanggung jawab, walau kerjaannya santai, bisa istirahat atau main keluar, tetap pegawai disini merasa seperti orang tua pengganti untuk mahasiswa, apalagi banyak tuh mahasiswa yang anak perantauan, jadi harus tetap optimis, ceria dan bisa selalu jadi teman sharing dan kadang-kadang memberi nasihat kepada mahasiswa-mahasiswa,” tambahnya.

Hampir rata-rata mahasiswa yang mampir ke Perpustakaan UMSU merasa akrab dengan Bang In. Ciri khasnya yang unik dan keceriaan beliau menjadi penyemangat para mahasiswa.

“Wah, kalau Pak Indra itu senang banget tukar-tukar nama mahasiswa, jadi Aisyah, Khadijah, Fatimah, gitu-gitu deh, tapi jadi lucu. Beliau suka bercanda dan enak diajak ngobrol, sharing dan ramah,” jelas Riri Anggrianingsih, salah satu mahasiswa Fakultas Agama Islam, UMSU.


Nah, untuk kamu yang jarang ke Perpustakaan UMSU, yakin masih belum mau? Apa tak merasa penasaran dengan sosok unik, petugas andalan Perpustakaan UMSU ini? Bakal rugi kalau sampai telat kenal sama beliau.
Lastly, ada pesan dari Bang In untuk mahasiswa yang membaca tulisan ini.

“Belajarlah untuk masa depan, jangan lupa bahagiakan orang tua dan naikkan derajatnya. Doakan selalu kedua orang tua. Daripada melalak dan nongkrong tak jelas, mending rajin-rajin ke Perpustakaan UMSU,”


Well, itu dulu ukiran pena penulis tentang Bapak Indra Koto, kalau masih penasaran, kenalan langsung sama beliau, di Perpustakaan Utama UMSU pastinya.


Salam Literasi!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar